Senin, 28 November 2011

Bell's Palsi / kaku muka sebelah

12 September 2011 lalu dunia serasa mulai tidak bersahabat dengan saya..ktika saya sedang berusaha mencari sesuap nasi..Tuhan menguji saya dengan sesuatu yang tidak pernah sy sangka..Pada hari senin, tepat nya tanggal 12 September 2011 saya merasakan keanehan pada muka sy sblah kiri Ketika saya menggelembungkan mulut, bibir kiri saya tidak bisa menutup. Begitu juga ketika memicingkan mata. Mata kiri saya sama sekali tidak bergerak. Wajah bagian kiri saya sangat kaku. Mata kiri tidak bisa menutup. Sekilas, wajah saya seperti orang ngambek. Lebih parah kalo lagi tertawa. Mimik wajah saya seperti orang yang sinis dan sangat menyebalkan. bagian muka kiri sy tidak bisa berekspresi..
selain sisi muka kiri terasa kaku, belakang kepalapun terasa sakit, mata kiri berair terus, telingapun sedikit berdengung dan tidak kuat mendengar suara keras..
sy memeriksakan diri ke dokter dekat rumah, dan mengtakan apa yang sy alami..dkter mengatakan bahwa "saraf mba kena, coba minum obat stlah 1 mnggu dtang lagi kmari" sya pun mengikuti pesan dokter dengan rajin meminum obat pengencer darah dan vit B pada waktu itu.
setelah 3 hari tida ada perubahan sama sekali sisi muka kiri malah asa tambah kaku, temen sy pun meyrankan agar sy pergi k akupuntur, karena ingin sembuh sy pun menuruti. Menurut tukang akupuntur sy terkena bell's palsi dan tidak boleh terkna angin..ia mngatakan bahwa sy bisa smbuh dengan akupuntur 2x seminggu selama 3-6 bln. ktka plag dari akupuntur sy semakin drop, mental sy jadi melemah karna akupunturis itu selain Bell's Palsi sya terkna ini itu dan bla..bla..serta d larang ke dokter atw minum obat
keesokan hari setlah d akupuntur keadaan sy masih tidk membaik, mlah muka serasa bengkak dan sakit..lalu sy pun mencoba d pijat reflexi, alhmdllh..ada kemajuan...Karena klg khwatir dengan keadaan sya yang tidak kunjung membaik sy pun di bawa k dokter syaraf d salh satu Rumah Sakit di kota Bandung.
Dokter saraf mengatakan ya saya memang terkana Bell's Palsi, kondisi sy termasuk beruntung krena pada awal gejala sya langsung k dokter dan minum pengencer darah sehingga tidak terlalu menyon mukanya..hihihihi..
Dokter saraf sama memberi sy obat pengencer darah, vit. B serta obat penghilang rasa sakit untuk 1 bln, dan d anjurkan agar mengikuti terapi d ruang fisioterapy.

Bell's Palsysendiri  (Facial Palsy) adalah kelainan di mana syaraf wajah (dikenal dengan sebutan Syaraf Ke-7 atau Cranial Nerve, yaitu syaraf yang mengontrol pergerakan wajah. Posisinya berada sekitar 1 jari di depan telinga kiri / kanan Anda) tidak berfungsi dengan baik / kaku / paralize. Akibatnya salah satu bagian wajah seperti tertarik / mencong. Penyakit ini biasa terjadi di kota atau negara bersuhu dingin.
Selain itu, kelainan ini dapat menyerang pada orang-orang yang :
1. Terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC.
2. Terkena semburan AC / kipas angin langsung ke wajah.
3. Mengendarai motor tanpa helm yang menutup wajah dengan rapat.
4. Mandi air dingin di malam hari.  

APA BELL’S PALSY SAMA DENGAN GEJALA STROKE?  Berbeda dengan Stroke (yang sama-sama membuat salah satu bagian wajah mencong / ketarik), Bell’s Palsy hanya menyerang syaraf wajah. Sedangkan fungsi tubuh berjalan normal. Namun ada beberapa kasus di mana Bell’s Palsy menyerang syaraf otak, sehingga ada penderita yang tidak mampu berbicarajelas seperti penderita Stroke. Walau demikian, pikirannya masih sangat jernih dan dia masih dapat berkomunikasi dengan cara menulis.  
Jika Anda terkena Bell’s Palsy, segeralah berobat ke Rumah Sakit. Maksimal 2 hari setelah Anda mengalami kelainan itu. Jika tidak, syaraf yang kaku dapat mengganggu otak yang menyebabkan penderita lumpuh. Selain itu , wajah yang kaku akan semakin sulit dikembalikan ke bentuk asalnya.  Pengobatan yang disarankan dokter adalah fisiotherapy, di mana wajah penderita akan dikompres dengan lampu sinar dan diberi kejutan listrik di sekitar wajah serta di masase..(pijatan nya bikin rilex..bo..hihihihi)

satu hal yang harus diingat bagi para penderita Bell's Palsy yaitu.."KEYAKINAN KUAT UNTUK SEMBUH" serta ketelatenan untuk berobat jangan bosan dan jenuh. penderita Bell'S Palsy ringan biasanya akan sembuh dalam jangka waktu 2-3 bln, namun ada juga yang hingga tahunan..semua tergantung ketelatenan kita..
kini setelah mengikuti terapy selama 2 blan lebih saya sudah 90% membaik..terimaksih Tuhan ^^
for my Family and my best friend's thank's for all supporttt..love u all..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar